Messi vs Neymar, Siapa Lebih Baik (di Usia 21)?


Jakarta - Dengan apa yang sudah diraih dan ditunjukkan di atas lapangan, Lionel Messi adalah pesepakbola terbaik dunia saat ini. Neymar mungkin belum bisa dibandingkan dengan Messi, tapi bagaimana saat keduanya sama-sama berumur 21 tahun?

Sebagai pesepakbola, Messi bisa dibilang sudang mendapatkan semuanya (kecuali Piala Dunia). Dia punya semua trofi yang bisa dimenangkan di level klub, dan status sebagai pemain terbaik dunia yang sudah didapat empat kali.

Neymar? Sensasi pemuda Brasil ini jelas masih butuh pembuktian. Dia baru berusia 21 tahun dan baru akan menjalani petualangan di Eropa, tempat di mana kompetisi terberat dan tersengit berada. Tapi sejauh ini Neymar sudah membuktikan kalau dia punya potensi untuk menyamai apa yang sudah diraih pemain-pemain terbesar dunia, termasuk Messi tentunya.

Menyusul kepindahan Neymar ke Barcelona, publik pun mulai membanding-bandingkan siapa yang lebih hebat di antara keduanya. Pembahasan akan hal tersebut akan sulit disimpulkan karena perbedaan umur lima tahun antara keduanya, yang dipastikan memberi pengaruh signifikan terkait jumlah trofi atau jumlah gol yang dibuat.

Apalagi keduanya punya jalan karier yang berbeda: Messi sejak masih sangat belia sudah berada di Eropa sementara Neymar baru di tahun ini datang ke Benua Biru. Membandingkan siapa yang terhebat di antara keduanya lantas mungkin dilakukan dengan membawa Messi lima tahun ke belakang, saat dia masih berusia 21 tahun.

Apa yang diraih Messi sebelum dia merayakan ulang tahunnya yang ke-22 pada Juni 2008 lalu? Well, catatan suksensya sudah sangat panjang. Yang paling mentereng tentu saja trofi Liga Champions (2006), Piala Dunia Antarklub (2007), dua trofi La Liga Primera, dua Piala Super Copa Spanyol, serta beberapa penghargaan individu, yang salah satunya adalah 'World Soccer Young Player of the Year' (2006, 2007).

Di Brasil, meski tak sebanyak Messi, Neymar juga berhasil mengumpulkan banyak trofi bersama Santos. Dia sudah meraih tiga gelar juara Liga Brasil (2010, 2011 dan 2012), Copa Brasil (2010), Copa Libertadores (2011) dan Recopa Sudamericana (2012).

Soal jumlah gol yang dicetak di level klub, Neymar mencatat 0,56 gol per pertandingan. Sementara Messi kalah tipis karena jumlah gol per pertandingannya adalah 0,4. Demikian dikutip dari Soccernet.

Untuk penampilan di tim nasional, Messi harus mengakui keunggulan Neymar. Di usianya yang kini baru 21 tahun Neymar sudah membuat 39 gol dari 24 pertandingan, meski mayoritas terjadi di pertandingan persahabatan atau ujicoba.

Sementara Messi justru terkenal seret gol jika tampil dalam seragam Albiceleste. Saat berumur 21 Messi cuma menyumbang empat gol dan dua assist untuk tim senior Tango.

Messi yang sudah sangat bersinar sejak masih belia berhasil menjaga ritme performanya hingga di usia 26 tahun kini. Jika Neymar bisa langsung unjuk kemampuan di Camp Nou, bukan tak mungkin dia akan mengikuti jejak Messi: mencetak gol demi gol, mengumpulkan banyak trofi dan merebut penghargaan-penghargaan pribadi.

0 comments:

Post a Comment