Pep Mungkin Ubah Posisi Main Ribery




(AFP/Christof Stache)Munich - Di Bayern Munich, Franck Ribery selama ini menempati posisi sayap kiri saat bermain. Namun di bawah arahan Pep Guardiola, pesepakbola asal Prancis itu mungkin akan dimainkan di posisi yang berbeda.

Ribery memang banya beroperasi di sayap kiri. Dari 156 penampilannya di Bundesliga sejak bergabung dengan Bayern di tahun 2007, 146 laga di antaranya dilewatkan Ribery dengan bermain di posisi sayap kiri.

Statistik Ribery pun terbilang oke. Secara keseluruhan, dia sudah mencetak 53 gol untuk Bayern di Bundesliga. Sementara di musim lalu, dari 27 kali penampilannya di Bundesliga, dia mencetak 10 gol dan 15 assist. Ribery pun terpilih sebagai Pemain Terbaik Bundesliga di musim 2012/2013.

Tapi catatan Ribery saat bermain di posisi yang bukan sayap kiri tidak bisa dibilang bagus. Dicatat situs Bundesliga, dari 10 pertandingan di mana Ribery dimainkan di posisi selain sayap kiri, pemain 30 tahun itu hanya mencetak satu gol.

Namun Pep punya rencana lain untuk Ribery. Pelatih asal Spanyol itu akan mencoba untuk memainkan Ribery di posisi lain yaitu di belakang striker.

Eks pelatih Barcelona itu sudah mencobanya saat Bayern melakoni laga ujicoba melawan SV Weiden di mana Die Roten menang 15-1. Ribery yang bahkan juga sempat dimainkan sebagai striker tunggal itu mencetak dua gol di pertandingan tersebut.

"Saya tahu posisi terbaik Franck. Dia hampir selalu bermain sebagai sayap, api kadang untuk tim nasional Prancis dia juga ditempatkan di belakang striker," ujar Pep di situs Bundesliga.

"Penting bagi saya untuk melihat apakah pemain bisa bermain di posisi lain. Saya tahu di mana mereka bisa bermain, tapi saya butuh lebih banyak informasi. Itulah mengapa saya akan mencobanya di laga ujicoba," katanya.

0 comments:

Post a Comment